tata cara memodifikasi mobil

Diposkan oleh foto modifikasi mobil dari selurih penjuru dunia , Jumat, 05 Maret 2010 21.55



di sarikan dari :http://tekno.kompas.com/read/xml/2008/06/03/15464820/modifikasi.mobil.ala.pimp.my.ride

Belum punya dana untuk memodifikasi mobil? Jangan khawatir, modifikasi yang satu ini tidak perlu dana kok. Pasalnya, Anda hanya mengubah tampilan fotonya, alias memodifikasi secara virtual foto mobil kesayangan Anda. Apa pun bisa dimodifikasi, mirip-mirip tayangan modifikasi mobil gratis yang ada di MTV. Ya, inilah cara ber-Pimp My Ride ala Photoshop CS3.
Bagaimana melakukannya? Ikuti saja langkah-langkah ini.

1. Potretlah mobil Anda dari sudut pandang yang menurut Anda paling oke. Setelah selesai, transfer gambar tersebut ke PC dan buka di Photoshop. Kemudian lakukan modifikasi awal dengan mengganti warna kendaraan. Mula-mula, seleksi area bodi mobil. Klik [Pen Tool] di toolbox. Lakukan seleksi dengan membuat outline bodi mobil sampai tuntas. Setelah selesai, buatlah outline lagi untuk area yang tidak “dicat” seperti kaca, lampu, dan sebagainya.

2. Klik tab [Paths]. Klik-tarik layer path untuk outline mobil yang telah dibuat ke arah icon kertas di bawah palette agar path tersimpan. Klik icon [Load path as selection] ber-icon lingkaran bergaris putus-putus di bawah panel. Path di badan mobil akan berubah menjadi garis putus-putus.

3. Klik tab [Layer], lalu buat layer baru dengan menekan [Shift] + [Ctrl] + [N] di kibor. Klik [OK] pada boks yang muncul. Pada tahap ini, Anda bisa mulai mewarnai. Misalkan Anda ingin membuat gradasi dua warna. Pilih dulu kombinasi warna yang diinginkan di kotak Background dan Foreground color dalam toolbox.

4. Klik [Gradient Tool], lalu pilih modus [Foreground to Background] dari menu drop-down Gradient di toolbar. Pastikan layer baru terpilih. Selanjutnya, klik-tarik pointer mengikuti garis bodi mobil sehingga muncul warna gradasi yang dikehendaki.

5. Masih pada layer cat baru, ubahlah modus blending layer tersebut menjadi [Linear Light] agar warna baru terlihat menyatu ke bodi. Kurangi persentasi opacity agar detail mobil tetap kentara.

6. Jika ada bagian yang seharusnya tidak terkena cat tetapi tertimpa warna baru, klik icon [Add layer mask] di bagian bawah panel layers. Pastikan warna hitam dan putih terpilih pada kotak Background dan Foreground color. Klik [Brush Tool], lalu buang warna di area yang diinginkan.

7. Tambahkan beberapa detail atau pernak-pernik jika suka pada mobil. Misalnya gambar pola yang Anda gandrungi untuk bagian kap mobil. Masukkan gambar sebagai layer baru dengan mengklik [File] > [Place...]. Cari dan klik foto yang hendah dipakai pada boks yang muncul, lalu klik [Place]. Gambar akan muncul sebagai layer baru. Tekan [Enter], lalu klik kanan layer gambar, dan pilih [Rasterize Layer].

8. Agar gambar logo tersebut rata dengan kap mobil, Anda harus mendistorsi bentuknya. Tekan [Ctrl] + [T]. Klik-kanan gambar, lalu pilih [Distort]. Selanjutnya, tarik sudut-sudut gambar untuk menyesuaikan area bodi yang akan dipasangi gambar. Jika sudah pas, tekan [Enter]. Ganti blending mode pada layer gambar menjadi [Multiply] dan turunkan opacity-nya. Cobalah dengan menambahkan logo lainnya.

9. Tambahkan lampu di bawah bodi mobil. Caranya, buat layer baru. Klik [Brush Tool], pilih warna di kotak Foreground color, lalu pulaskan di bagian bawah kendaraan. Agar terlihat berpendar, klik [Filter] [Blur] [Gaussian Blur...]. Atur slider “Radius” sampai mendapatkan pendaran lampu yang pas. Jika sudah beres, klik [OK]. Gunakan mask layer untuk menghapus pendar lampu yang berlebihan.

modifikasi mobil

Diposkan oleh foto modifikasi mobil dari selurih penjuru dunia , Rabu, 03 Maret 2010 18.12


Mitsubishi Lancer 2001
Sang Futuristik Ekstrim Berbasis Lancer.......

Disarikan dari : http://www.indoforum.org/showthread.php?t=47885
Ekstrim...! mungkin kata yang secara kontan terucap ketika melihat kreasi modifikasi yang satu ini. Tampil sangat mencolok dalam gelaran Djarum Back Autoblackthrough seri Jogjakarta (31 Mei - 1 Juni 2008), "alien" yang diklaim berbasis rangka orisinil Lancer lansiran 2001 ini telah diakui sang empunya sebagai kandidat terkuat peraih titel terbaik kontes bertajuk "The Hottest Hi-Tech Modified Motor Show" tersebut. "Kita memang ngejar The King mas," ungkap Beny sang kreator.

Dengan proses pengerjaan selama 3 bulan, mobil bertema futuristik yang dikerjakan di Bengkel Formula Group ini tak ayal menjadi pusat perhatian para pengunjung yang hadir di gedung JEC, Jogjakarta. Berukuran ekstra panjang sekitar 4 meter dengan tampilan yang kokoh dan garang berbahan baku plat galvanis dan fiber custom (interior), Beny yang juga menjadi salah satu anggota Option ini pun mengaku kalau dari sektor rangka (chasis) dan mesin masih tetap memasang versi orisinilnya.
"Memang kita main di full body custom dan suspensi Pneumatik, sedangkan dari sektor mesin sama chasis kita masih pake yang asli punya," tukas Beny (29) sedikit santai. Dan tidak hanya itu saja kelebihan dari sang alien biru ini...! Ditopang suspensi udara yang menyokong velg Vork Bersaglion 20 inch (9,5X10,5") terbungkus ban Toyo Proxes (245/35/20 depan & 275/30/20 belakang) mobil yang pada kap depan dan bagasi mengaplikasikan sistem sama dengan kaki-kaki ini, juga dapat bergerak lincah bak menari ke atas bawah hanya dengan menaikturunkan tuas penggerak terintegrasi dalam sebuah kontrol berbentuk gamepad.
Dengan dukungan seperangkat audio mumpuni pada sektor ICE seperti aplikasi Pioneer p-9 + DEQ, 7 buah Speaker Simbion, 5 buah Monitor, 5 buah Power Precison DCX dan 6 subwoofer Precision, lengkaplah sudah eksistensi alien show car hasil gawean sang modifikator Benny yang pada kabin kemudi telah disulap sang kreator menjadi konsol kemudi tengah yang tentunya hanya bisa ditunggangi oleh satu orang pengemudi tersebut.
"Kesulitan paling besar sih dalam pengerjaan body dan suspensi udara di kap sama bagasi, trus kalau ditanya soal daily use, mobil ini masih bisa dipake sehari-hari mas, cuman satu aja sih musuhnya kalau sedang dikendarai, yaitu hujan..." tukasnya sembari tersenyum.